Berbagai Jenis Hosting Saat Ini

Bila Anda hendak membuat atau menjalankan website, luangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini. Tahukan Anda bahwa website membutuhkan hosting? Hosting merupakan tempat penyimpanan yang berada di dalam website mulai dari gambar, tulisan, plugin, script, dan data lainnya. Sebelum memustukan membuat website, akan lebih baik untuk mempertimbangkan jenis hosting yang akan dipilih. Karena hosting ini berkaitan erat dengan server web yang berfungsi menyimpan semua data website agar lebih aman.

Apa saja jenis-jenis hosting yang tersedia? Dengan mengetahui jenis-jenis hosting, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih untuk mendapatkan hosting yang tepat yang tentunya sesuai dengan kebutuhan. Mari kita mulai membahas jenis hosting satu persatu.

Shared Hosting

Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting yang tersedia. Shared hosting memungkinkan beberapa website untuk berbagi ke server utama yang lebih besar. Sebagai informasi, hosting jenis ini dikenal sebagai hosting yang paling murah. Dengan berbagi dengan pengguna lainnya, biaya penggunaan hosting menjadi lebih murah karena Anda berbagi dengan pengguna lainnya. Jika website Anda merupakan website portfolio, website bisnis kecil, atau blog, maka shared hosting menjadi pilihan yang tepat. Sayangnya, shared hosting juga memiliki kelemahan. Website Anda akan kalah dengan website yang berada di server utama. Hal ini tentu akan mempengaruhi kepopuleran website jika dibandingkan dengan website yang lainnya.

Cloud-based Hosting

Cloud-based hosting mengacu pada teknologi hosting yang baru. Hosting ini memungkinkan ratusan server individu bekerja bersama sehingga nampak seperti server besar. Akses cloud-based hosting terbilang mudah dan fleksibel. Hosting jenis ini memanfaatkan teknologi cloud. Namun, jika menggunakan hosting jenis ini, penyedia cloud bisa mengakses tanpa sepengetahuan Anda.

VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS hosting sangat berbeda dari jenis hosting lainnya. Mengapa demikian? Hosting jenis ini menawarkan kecanggihan dari mesin virtaul yang bisa digunakan dalam web hosting. Dengan hosting ini, website Anda bisa berbagi server tunggal dengan website lainnya. Meskipun server utama dibagikan dengan website lainnya, website Anda bisa memiliki sumber daya khusus dengan VPS ini. Website Anda akan tetap bekerja dengan baik karena Anda tidak membagikan resource. Dengan demikian, website Anda tetap memiliki waktu loading yang cepat dan uptime yang lebih cepat.

Dedicated Web Server

Memilih Dedicated web Server berarti Anda menyea satu server fisi dari perusahaan penyedia hosting. Anda bisa memiliki kontrol yang penuh jika menginginkannya. Hosting ini dikenal sebagai level tertinggi dari sebuah server yang dibutuhkan oleh bisnis online yang memiliki trafik website yang lebih tinggi.

Reseller Web Hosting

Reseller web hosting hampir sama dengan shared hosting. Ketika menggunakan hosting jenis ini, Anda bisa menjual ruang kepada klien. Beberapa fasilitas tambahan yang bisa didapatkan adalah website gratis, dukungan teknis white-label, server pribadi, dan lainnya.

Colocating Web Hosting

Colo web hosting berarti Anda menyewa ruang rak dari data center. Anda harus menyediakan hardware server Anda sendiri dan penyedia hosting Anda akan menyediakan daya, pendinginan, keamanan fisik, dan uplink internet.

Sekarang Anda sudah mengetahui berbagai jenis hosting sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Namun, jika masih belum yakin, diskusikan dengan penyedia hosting terbaik yang Anda pilih. Penyedia hosting yang profesional akan mampu membantu Anda membuat keputusan sehingga Anda bisa segera menggunakan hosting guna memenuhi kebutuhan hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *