Mengenal Jenis dan Fungsi Utama Web Hosting

Bagi Sebagian orang, mungkin istilah Web Hosting adalah suatu istilah yang sangat dikenal. Namun, tidak sedikit pula yang bahkan sama sekali tidak tahu atau tidak pernah mendengar tentang ini. Hosting adalah salah satu bagian penting yang menentukan jalannya suatu website.

Lalu bagaimana web hosting bisa bekerja? Apakah ada jenis – jenis tertentu? Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai apa saja jenis hosting yang umum diketahui dan apa saja fungsi utamanya. Yuk, langsung kita bahas!

Apa itu Web Hosting?

web hosting host

Sebelum membicarakan mengenai jenis maupun fungsi utamanya, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Web Hosting. Web Hosting adalah serangkaian layanan yang merupakan suatu layanan untuk mengonline kan suatu website atau aplikasi.

Web hosting sendiri merupakan layanan yang di dalamnya terdapat berbagai proses seperti menyimpan informasi dan aktivitas lainnya yang berjalan sehingga dapat menampilkan suatu website.

Jenis Web Hosting

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu Web Hosting, tentu perlu pula diketahui mengenai apa saja jenis layanannya. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan yang umum ada pada penyedia layanan hosting.

1.      Shared Hosting

Jenis web hosting pertama yang akan kita bahas adalah Shared Hosting. Shared hosting adalah suatu layanan hosting yang digunakan Bersama dengan beberapa pelanggan lainnya. Pada layanan ini, terdapat satu server yang penggunaannya dibagi dengan pengguna lainnya.

Bisa diibaratkan anda menyewa satu kamar kos pada satu rumah namun tidak memiliki fasilitas tersendiri. Dan kamas kos tersebutlah yang dinamakan dengan shared hosting. Dan karena tidak memiliki fasilitas tersendiri, maka dapur dan kamar mandi digunakan Bersama, yang bisa kita ibaratkan sebagai server yang digunakan Bersama.

Pada layanan shared hosting, pengguna memiliki hak akses terhadap server yang terbatas. Setting server juga telah ditentukan oleh pengelola. Karena server digunakan Bersama – sama maka anda juga perlu memperhatikan satu hal, yaitu kemungkinan gangguan kinerja server saat penggunaan salah satu pengguna terlalu lama atau terlalu membebani.

Kelebihan Shared Hosting

  • Biaya lebih terjangkau
  • Cocok bagi pemula, karena tidak perlu repot melakukan setting server
  • Adanya layanan 24 jam
  • Tidak perlu turun tangan untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi

Kekurangan Shared Hosting

  • Adanya kemungkinan gangguan dari pengguna lain
  • Akses Terbatas
  • Kemungkinan penghapusan akun oleh pihak pengelola

VPS Server / VPS Hosting

Selanjutnya, jenis lain dari web hosting adalah VPS Server atau VPS Hosting. Jenis web hosting satu ini berbeda dengan jenis web hosting yang kita bahas sebelumnya. Jenis ini merupakan server fisik yang dibagi – bagi untuk dijadikan server virtual kemudian difungsikan sebagai hosting tersendiri.

Pada VPS Hosting/VPS server, pengguna memiliki akses penuh terhadap server VPS masing – masing. Jika pada shared hosting anda menggunakan fasilitas server Bersama, pada VPS Hosting pengguna memiliki fasilitas VIP untuk digunakan sendiri.

Namun, meskipun begitu, karena berada pada tempat yang sama, maka beberapa fasilitas juga masih digunakan Bersama.

Kelebihan VPS Hosting

  • Harga Cukup Terjangkau
  • Bebas mengkostumisasi server sendiri
  • Akses root server
  • Adanya support 24 jam
  • Dapat menurunkan dan meninggikan resource tanpa mengalami downtime.

Kekurangan VPS Hosting

  • Harga sedikit lebih tinggi dibandingkan shared hosting
  • Pengguna harus mengerti benar tentang server beserta system operasinya
  • Harus menginstal sendiri control panel.

Dedicated Server & Colocation Server

Jenis Web hosting terakhir yang akan kita bahas adalah Dedicated Server dan Colocation Server. Apa yang membedakan keduanya dengan dua jenis yang sebelumnya kita bahas? Tentu saja hak akses yang dimiliki. Pada dedicated server dan Colocation Server, pengguna memiliki hak akses penuh terhadap server miliknya.

Lalu apakah dua server ini juga masih memiliki perbedaan? Tentu saja keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya ada pada komponen hardware yang digunakan. Jika dedicated server, seluruh komponen menyewa dari data center, sedangkan colocation server membeli seluruhnya sendiri.

Kelebihan Dedicated Server & Colocation Server

  • Server Fisik digunakan satu pengguna seutuhnya
  • Akses root server
  • Resource yang cukup besar digunakan sendiri

Kekurangan Dedicated Server & Colocation Server

  • Dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai server dan system operasi
  • Membutuhkan biaya yang cukup besar
  • Harus menginstal control panel sendiri

Fungsi Utama Web Hosting

Setelah mengetahui beberapa jenis hosting yang dapat digunakan, tentu perlu diketahui pula apa fungsi utama web hosting. Tidak mungkin jika kita menggunakan suatu layanan tanpa tahu apa fungsi utamanya. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai apa saja fungsi utamanya. Berikut ulasannya!

web hosting jenis

Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, bahwa Web Hosting adalah layanan yang berfungsi untuk meng-online kan website maupun aplikasi. Oleh karena itu, hosting memiliki fungsi utama dalam hal tempat penyimpanan data dari website yang dikelola.

Data dan file yang tersimpan secara online tersebut akan dapat diakses oleh banyak orang dalam jaringan. Hal inilah yang menjadikan suatu website maupun aplikasi berhasil. Dengan demikian pemilik website dapat memberikan informasi kepada pengguna website tersebut.

Sebagai Alamat

Bukan hanya rumah dan bangunan fisik lainnya yang memerlukan alamat rumah. Suatu website tentunya juga membutuhkan suatu alamat untuk dapat di akses oleh banyak pengguna. Lebih tepatnya hosting merupakan suatu redireksi dari DNS.  

Tanpa menggunakan web hosting, sangat mungkin jika alamat yang dituju tidak dapat diakses. Disinilah kegunaan hosting karena tanpa menggunakan hosting alamat suatu website tidak dapat diakses atau memunculkan keterangan eror.

Menjaga Agar Tetap Online

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi dari web hosting adalah mengonlinekan suatu website dan aplikasi. Artinya hosting akan menjaga website maupun aplikasi tetap online untuk dapat di akses oleh siapapun.

Website mungkin mengalami masalah dan mati Ketika penyedia hosting atau data centre yang digunakan sedang mengalami masalah. Namun kemungkinan tersebut sangat kecil. Dengan adanya hosting tersebut website dan aplikasi akan tetap online dan dapat diakses.

Jadi, sangat penting untuk memilih layanan hosting yang stabil, sehingga anda tidak mengalami masalah yang beresiko menghambant pertumbuhan website anda.

Kesimpulan

Dari sedikit penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Web Hosting adalah salah satu hal yang cukup penting dalam dunia website. Anda memerlukannya untuk dapat mengonline kan aplikasi maupun website yang anda Kelola.

Dan sangat penting untuk dilakukan adalah memilih hosting terbaik dan memiliki kestabilan yang terjaga. Anda juga perlu melakukan riset serta memikirkan dengan tepat web hosting yang akan anda gunakan.

Anda perlu mencocokkannya dengan kebutuhan anda, dengan demikian anda tidak akan salah salam memilih web hosting. Biaya juga menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan karena budget akan mempengaruhi pilihan anda. Dan hal terakhir adalah apakah anda sudah cukup mahir atau baru memulai mengelola suatu website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post