Jenis – Jenis Layanan Hosting yang Wajib Diketahui di Tahun 2020

Jika membicarakan layanan hosting di dunia modern, anda tentu sudah tak asing dengan dunia digital. Dan sudah pasti yang pertama kali terpikirkan adalah smartphone dan internet. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini dunia maya mendominasi hampir sebagian besar kehidupan manusia.

Manusia tidak bisa hidup tanpa internet. Saat ini, anda bisa mencari berbagai informasi melalui internet. Tidak hanya mencari informasi, anda bisa melakukan berbagai hal lain. Seperti bekerja secara remote, berbelanja, belajar  maupun hal lain dengan internet.

Dengan semakin tingginya kebutuhan akan internet dan semakin dibutuhkannya berbagai aplikasi berbasis internet dan website yang menyediakan berbagai informasi, semakin dibutuhkan pula layanan web hosting untuk digunakan.

Apa itu layanan web hosting? Dan apa hubungannya dengan Internet, aplikasi dan website? Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu web hosting dan apa saja jenis – jenis layanan hosting yang ada. Berikut ulasannya.

layanan hosting hand

Pengertian Web Hosting

Sebelum membahas mengenai jenis – jenis layanan hosting, tentu perlu dibahas terlebih dahulu apa pengertian web hosting. Mungkin Sebagian orang sudah mengerti dan memahami tentang web hosting, dimana tidak sedikit yang bahkan belum pernah mendengar istilah web hosting.

Web hosting merupakan suatu layanan yang berfungsi untuk menjadikan website, blog serta aplikasi berbasis internet menjadi “online”. Seperti yang anda ketahui, saat ini bergitu banyak website dengan berbagai tujuan, mulai dari memberikan informasi, website berita, toko online dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi juga banyak ditemukan di berbagai gadget. Dan Aplikasi tersebut tentu saja butuh terhubung dengan internet. Dan hal yang menjadikan aplikasi dan website tersebut tetap online dan dapat di akses oleh banyak orang dan pengguna adalah dengan adanya web hosting.

Untuk dapat berjalan, suatu website atau aplikasi tentu saja membutuhkan penyimpanan dan hal lain yang berhubungan dengan data – data pada website tersebut. Dan dengan hosting, hal tersebut dapat dilakukan.

Web hosting bisa diibaratkan sebagai kantor dari usaha anda. Tanpa kantor, usaha anda mungkin tidak bisa berjalan dengan lancer atau bahkan tidak dapat dijalankan. Untuk itu, web hosting sangat diperlukan dalam bisnis online.

Fungsi Web Hosting

Setelah mengetahui pengertian web hosting ada baiknya jika anda juga mengerti tentang apa itu fungsi web hosting. Dan berikut ini akan dibahas sedikit mengenai apa fungsi web hosting. Berikut ulasannya!

Menjaga Website dan Aplikasi tetap Online

Fungsi pertama dari web Hosting adalah menjaga website maupun aplikasi tetap online. Seperti yang dibicarakan sebelumnya, web hosting akan menjadikan website atau aplikasi anda tetap online. Dengan demikian website maupun aplikasi anda bisa diakses oleh pengguna selama 24 jam dimanapun.

Jika anda tidak menggunakan web hosting maka website anda juga tidak bisa menjadi online. Hal tersebut berakibat pada tidak dapat ditemukannya website anda Ketika seseorang mencari di mesin pencarian.

Sebagai Alamat

Fungsi lain dari hosting tentu saja adalah sebagai alamat dari website anda. Jika website anda merupakan sebuah perusahaan, maka anda memerlukan alamat untuk dapat dituju. Tanpa alamat yang jelas, tentu tidak aka nada pelanggan yang mendatangi anda.

Nah, Web Hosting inilah yang menjadi alamat tempat perusahaan anda berada. Ketika seseorang akan mengunjungi website anda, hosting akan meneruskannya ke alamat website tersebut. Dengan demikian seseorang tidak akan tersesat saat mencarinya.

Penyimpanan data

 Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa anda perlu ruang penyimpanan untuk perusahaan anda. Dan tugas ini merupakan salah satu fungsi dari Web Hosting, yaitu penyimpanan data.

Dengan web hosting penyimpanan data penting serta informasi rahasia dari website atau aplikasi anda akan terjaga. Anda juga bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja dengan hak akses yang diberikan.

Jenis Layanan Hosting

Selanjutnya, setelah memahami tentang pengertian Web Hosting serta mengetahui fungsinya berikut adalah jenis layanan hosting. Berikut ulasan singkatnya!

layanan hosting kom

Shared Hosting

Jenis layanan hosting yang pertama adalah shared Hosting. Layanan ini termasuk layanan palling terjangkau jika dibandingkan dengan layanan lainnya. Bagi anda yang masih pemula, menggunakan layanan shared hosting ini adalah pilihan yang paling tepat.

Share hosting adalah layanan hosting dimana anda menggunakan satu server Bersama dengan pengguna lainnya. Pengguna juga tidak memiliki root akses terhadap server dan tidak perlu melakukan pengaturan.

Virtual Private Server (VPS)

Selanjutnya adalah layanan hosting yang disebut Virtual Private Server atau biasa disingkat dengan dengan VPS. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk jenis layanan ini memang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, namun tentunya dengan fasilitas yang berbeda.

Sesuai Namanya, anda akan diberikan root akses terhadap server anda. Meskipun tidak menggunakan server sendiri sepenuhnya, namun anda akan mendapatkan server tersendiri dari data center yang memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan shared hosting.

Managed WordPress Hosting

Tentu anda sudah mengetahui bahwa WordPress saat ini cukup populer digunakan. Dengan kepopuleran tersebut, maka terdapat layanan hosting yang khusus dibuat untuk para pengelola wordPress yaitu Managed WordPress Hosting.

Sesuai dengan Namanya layanan hosting satu ini memang telah dioptimalkan untuk menjaga wordPress berjalan dengan baik. Dengan demikian website berbasis WordPress anda juga akan lebih stabil dan optimal Ketika banyak dikunjungi oleh pengguna.

Biaya yang perlu dikeluarkan tentunya juga akan sesuai dengan fasilitas yang akan anda dapatkan. Menggunakan layanan ini untuk kebutuhan WordPress anda tentu akan memberikan hasil yang berbeda dengan Ketika anda menggunakan layanan jenis shared hosting atau VPS.

Cloud Server

Jenis layanan selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah Cloud Server. Cloud Server adalah layanan yang bisa anda gunakan Ketika trafik dari website yang anda Kelola mendapat kunjungan yang cukup banyak yang akhirnya menyebabkan trafik menjadi tinggi dan membludak.

Untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul, anda bisa menggunakan layanan Cloud Server ini. Cloud Server menggabungkan antara computer dengan jaringan berbasis internet. Pada layanan ini, server memanfaatkan internet, sehingga anda dapat dengan mudah mengakses data – data anda tanpa perlu menggunakan flashdik maupun hardware lainnya.

Dan dengan disimpannya data secara online, tentu keamanan dari data anda juga lebih terjamin. Anda juga tidak perlu takut akan terjadi kerusakan tempat penyimpanan data anda karena tersimpan dalam media internet.

Kesimpulan

Dari diskusi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa web hosting memiliki berbagai layanan berbeda yang bisa anda pilih. Tentu saja semakin baik layanan dan spesifikasi dari layanan yang ditawarkan akan membutuhkan biaya yang juga lebih besar.

Untuk itu, anda perlu memilih layanan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Jika anda memang masih seorang pemula, tentu saja memilih shared hosting akan lebih aman. Selain harganya yang cukup terjangkau, anda juga tidak perlu direpotkan dengan berbagai hal seperti menyetting server atau menginstal control panel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post